Sneek-a-Peek

  • SMA Pertiwi Ambon.
  • Kerja Bakti.
  • Perbincangan beberapa guru.
  • SMA Pertiwi Ambon, berkostum biru.
  • Para guru berpoco-poco-ria.
  • " title="Petandingan Basket" alt="SMA Pertiwi Ambon, berkostum biru." />
IMG_7495 IMG_7412

Sabtu, 31 Desember 2011

Pemanfaatan Teknologi Untuk Melestarikan Budaya dan Nilai Luhur Bangsa


Tak terasa kita sudah berada di penghujung tahun 2011. Hanya tinggal beberapa jam saja, kita akan memasuki 1 Januari 2012. Kalau berbicara mengenai resolusi untuk tahun 2012, begitu banyak ide – ide yang ingin dilakukan pada tahun tersebut. Nah, resolusi yang menurutku sangat penting dan perlu dilaksanakan pada tahun 2012 ini ada hubungannya dengan yang namanya internet.
Tak bisa dibantah lagi bahwa perkembangan teknologi sudah begitu pesat. Bahkan sekarang ini, banyak orang telah menjadi pecandu teknologi. Dimana mereka tak bisa lagi terlepas dari yang namanya teknologi, terutama internet dan baru – baru ini adalah social media atau dikenal dengan jejaring sosial.
Tahukah anda .. ?? begitu banyak remaja dan pemuda Indonesia yang menghabiskan banyak waktu mereka di depan komputer untuk ber-internet-ria. Aku menyebutnya Internet Syndrome, dan itu semua mengakibatkan menipisnya nilai – nilai luhur bangsa seiring dengan pengaruh westernisasi dari berbagai media. Baik itu Internet, maupun TV. Bukan hanya menipisnya nilai – nilai luhur bangsa, tetapi juga budaya bangsa Indonesia sudah mulai dilupakan oleh pemuda dan remaja Indonesia. Para remaja tak mengenal lagi budaya bangsa, seperti halnya tari – tarian, lagu daerah, adat-istiadat, dan masih banyak lagi, yang dilupakan oleh pemuda dan remaja kita . Bahkan permainan yang dulu sering dimainkan orang – orang tua dan anak – anak pada saat masih kecil sudah mulai luntur akibat berkembang pesatnya teknologi, seperti yang sekarang ini adalah Playstation, XBOX, dll.
Dengan memanfaatkan peluang yang ada, yaitu penggunaan internet dan social media yang begitu marak di kalangan pemuda dan remaja. Maka resolusi yang ingin saya buat di Tahun 2012 mendatang adalah bagaimana kita memperkenalkan budaya dan nilai – nilai luhur bangsa dengan pemanfaatan teknologi yang ada. Dengan itu juga, sekalian kita mempromosikan budaya yang kita miliki kepada dunia. Perkenalan akan budaya bangsa dan nilai – nilai luhur dapat dilakukan melalui postingan para blogger, pembuatan grup – grup atau organisasi – organisasi bermanfaat di social media (dalam hal ini Faccebook, Twitter, dll), pembentukan organisasi – organisasi yang dibuat oleh para pemuda dan remaja yang peduli akan budaya bangsa, dan juga pembuatan game – game yang didalamnya merepresentasikan budaya bangsa, baik itu lewat baju daerah yang dipakai oleh karakter di dalam game, maupun sound dialog yang dipakai anta karakter pada game tersebut. Contoh game yang merepresentasikan budaya bangsa adalah Nusantara Online, adapun juga grup – grup yang dibuat pada social media yang memperkenalkan budaya daerah adalah Malukupedia (@malukupedia). Untuk itu mari kita lestarikan budaya dan nilai – nilai luhur bangsa Indonesia yang mulai luntur, agar anak – cucu kita masih bisa mengenal budaya dan nilai – nilai luhur bangsa. SAVE OUR CULTURE

Karya : Brandon Kristiano Noya

8 komentar:

  1. mantap nih gan .. tulisannya realita banget~~

    BalasHapus
  2. mantab gan resolusinya... mampir dan komen juga ya, ke... http://rhianzflash.blogspot.com/2012/01/resolusi-juara.html

    BalasHapus
  3. suatu cita2 yg bisa mncptkan generasi muda yg lbih memuliakn negarany sndri it bgus tetpi kita hrus ttp smgt untk mngjar sat ni dahulu.. sukses selalu.. :-)

    knjng blik di [ http://fuadditiyaimaspadimuharam.blogspot.com ]

    BalasHapus
  4. Afl@sh : makasiih gan .. siip :)

    Fu'additiya : makasiih, smoga bisa terwujud ..
    oke :)

    BalasHapus
  5. trima kasih masbro, apa yg saya tulis berdasarkan realita yg saya temui ..! sudah dikunjungi dan meninggalkan jejak :)

    BalasHapus
  6. Resolusi bagus dan nasionaslisme :D
    Kerja bagus :D
    Kunjung balik ya ke My Blog

    BalasHapus
  7. trima kasih atas komentarnya .. kunjungan balik siap dilaksanakan :D

    BalasHapus
  8. Ingin memiliki tas unik yang beda dari yang lain... kunjungi >>> www.shoopla.blogspot.com

    BalasHapus