Sneek-a-Peek

  • SMA Pertiwi Ambon.
  • Kerja Bakti.
  • Perbincangan beberapa guru.
  • SMA Pertiwi Ambon, berkostum biru.
  • Para guru berpoco-poco-ria.
  • " title="Petandingan Basket" alt="SMA Pertiwi Ambon, berkostum biru." />
IMG_7495 IMG_7412

Sabtu, 12 November 2011

Memilih Sekolah Lanjutan yang Tepat dan Benar

      Terkadang ketika kita lulus sekolah dan akan melanjutkan sekolah ke tingkat yang lebih tinggi, kita akan bingung dalam memilih sekolah yang tepat. Banyak dari mereka yang hanya ikut - ikutan dalam memilih sekolah, biasanya mereka lebih memilih sekolah favorit atau karena kebanyakan teman memilih sekolah tersebut. Nah, untuk menjawab kebingungan teman - teman semua dalam memilih sekolah lanjutan yang tepat, maka saya buat beberapa tips untuk anda :
  1. Kenali Potensi yang kamu miliki. Sebelum memilih sekolah, ada kalanya anda harus mengenali dulu potensi apa saja yang anda miliki. Supaya ketika anda telah masuk sekolah yang anda pilih, anda bisa berguna tidak bagi sekolah tersebut, anda akan selalu mewakili sekolah tersebut tidaak .. ?? Jangan cuma asal masuk sekolah favorit, truuss jalan sana - sini dengan nunjukin lokasi sekolah, padahal gak punya peranan atau fungsi apa - apa bagi sekolah tersebut. Jadi, mikir matang - matang dulu ..
  2. Lihat sekolah yang dekat dengan rumah. Nah, ini juga penting ..  ! cari sekolah yang dekat dengan rumah, agar akses ke sekolahmu tidak terlalu repot. Kemudian, apabila terjadi situasi atau kondisi yang tidak aman, kamu bisa kembali ke rumah dengan mudah tanpa repot kesana - ke sini. Tak hanya itu, kamu juga gak perlu bangun pagi - pagi untuk menunggu angkot.
  3. Benar - benar punya visi dan misi. Ketika anda ingin masuk sekolah tersebut, apa sih tujuan utama anda untuk masuk sekolah tersebut .. ? apa visi anda ke depannya dengan semua potensi yang anda miliki untuk sekolah tersebut .. ?? Jadi, kan anda bukan cuma jadi partisipan yang gak punya fungsi apa - apa bagi sekolah anda, tapi anda punya visi yang bakalan anda wujudin dan anda itu berguna buat sekolah tersebut .
  4. Lihat kondisi ekonomi keluarga anda. Kebanyakan nih, para siswa ingin masuk sekolah unggulan atau favorit atau sekolah yang memiliki fasilitas lengkap hanya karena tidak mau kalah dengan teman lainnya. Gengsi ah .. ? masuk sekolah biasa, padahal keuangan orang tua anda tidak cukup untuk membiayai sekolah anda di sekolah tersebut, bukannya jadi kebanggaan buat orang tua tetapi malah membebani orang tua. Apalagi, ada juga adik - adik anda yang akan masuk sekolah. Butuh biaya banyak cooyyy .. !! jadi mikir - mikir dulu, sesuai gak potensi yang kita miliki dengan tanggungan yang harus dibiayai di sekolah tersebut .. !!
  5. Turuti kemauan orang tua anda. Banyak anak yang maunya masuk sekolah, karena banyak teman mereka yang masuk sekolah tersebut. Tetapi, orang tua mereka inginnya sekolah yang lain. Kawan, dengari kata orang tua lo .. Karena, mereka telah mengetahui gimana lo kedepannya di sekolah tersebut. Jangan milih asal - asalan karena banyak teman lo milih sekolah lain, lo gak tau gimana jadinya lo di sekolah tersebut. Ingaat .. Orang Tua itu wakil Tuhan di dunia ini, jadi turuti apa kemauan mereka agar masa depan lo juga udah kejamin nantinya ..



 *Based on True Story. By : Brandon Kristiano

Tidak ada komentar:

Posting Komentar